Pengertian Perangkat Keras: Hardware, Fungsi, dan Jenis

| |

Pendahuluan Apa itu Hardware – Perangkat Keras

Apa itu perangkat keras? Singkatnya, pengertian perangkat keras adalah semua bagian fisik dari sebuah komputer yang bisa dilihat secara kasat mata dan bisa pula diraba secara langsung. Disebut juga dengan istilah “Hardware atau HW”, perangkat keras juga dapat diartikan sebagai komponen yang memiliki bentuk nyata.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya seputar perangkat keras dan jenis – jenisnya, simak ulasannya di bawah ini.

perangkat-keras-hardware
perangkat keras hardware (Pexels)

Pengertian Perangkat Keras dan Jenis – Jenisnya

Jika dilihat dari segi fungsinya, perangkat keras difungsikan sebagai pendukung segala pemrosesan dalam komputerisasi. Perangkat keras akan bekerja sesuai perintah yang terlebih dahulu ditentukan oleh penggunanya, atau yang biasanya disebut dengan “Brainware”. Dengan adanya perangkat keras inilah, maka bentuk output pun dapat direalisasikan dengan baik.

Seperti yang diketahui, komputer sendiri memiliki beberapa komponen yang dapat bekerja dalam waktu bersamaan untuk kelola berbagai informasi mentah, untuk kemudian dijadikan sebagai informasi baru yang mudah dimengerti oleh manusia. Jika ada salah satu komponen yang tidak berfungsi atau bekerja sebagaimana mestinya, proses pengelolaan informasi sudah pasti tidak akan berjalan dengan baik.

Menurut Ali Zaki, pengertian perangkat keras adalah salah satu bagian fisik dari sebuah komputer, seperti sirkuit digital di dalam perangkat komputer. Sementara itu, Joko Untoro memiliki pendapat lain mengenai pengertian perangkat keras, yakni perangkat fisik yang berupa komputer dan segala instrumen pendukung lainnya.

Jenis Perangkat Keras

Pada dasarnya ada banyak sekali macam dan jenis perangkat keras pada sebuah komputer yang perlu Anda tahu. Apa saja? Simak daftar lengkapnya disini!

Perangkat Masukan – Input Device

Ini merupakan jenis perangkat keras yang memiliki fungsi penting, yakni untuk memasukkan segala bentuk data – data atau informasi ke komputer. Data tersebut bisa berbentuk gambar, audio, teks maupun video. Contoh jenis perangkat keras ini antara lain, mouse, webcam, keyboard, dan lain – lain.

Perangkat Pemrosesan – Process Device

Ini adalah jenis perangkat keras komputer yang memiliki fungsi atau peran khusus, yakni untuk kelola dan memproses berbagai data maupun informasi yang akan dimasukkan dalam komputer. Jenis perangkat keras tersebut juga diklaim sebagai otak komputer, sebab bisa memproses segala informasi yang ada di dalam komputer. Adapun contoh perangkat pemrosesan sendiri diantaranya sebagai berikut, CPU, VGA, RAM, Power Supply dan lain – lain.

Perangkat Keluaran – Output Device

Ini adalah jenis perangkat keras yang ada di dalam komputer. Perangkat keluaran berfungsi untuk menampung serta menghasilkan data atau informasi di dalam komputer, lalu dikeluarkan kembali lewat perangkat lain yang masih terhubung ke komputer. Data atau informasi yang dimaksudkan tersebut bisa berupa gambar, video, teks maupun audio. Dan berikut ini adalah contoh perangkat keluaran pada komputer, proyektor, printer, monitor komputer dan masih banyak lagi.

Perangkat Penyimpanan – Storage Unit

Ini adalah perangkat yang bisa simpan segala informasi dan data – data, baik yang ada di dalam komputer maupun di luarnya. Contoh jenis perangkat keras tersebut adalah harddisk. Fungsi harddisk sendiri, yakni sebagai alat penyimpanan data dalam komputer. Namun demikian, penyimpanan data tak hanya bisa dilakukan di dalam komputer, tetapi juga di luar komputer, misalnya dengan menggunakan harddisk eksternal.

Perangkat Tambahan – Periferal

Ini adalah perangkat keras yang berfungsi untuk membantu komputer jalankan perintah dari pengguna. Salah satu contoh perangkat periferal, yakni modem yang difungsikan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

Demikian informasi seputar pengertian perangkat keras dan jenis – jenisnya. Semoga informasinya bermanfaat.

Previous

Panduan Cara Cek Akreditasi Kampus dan Program Studi Lewat BAN-PT

Pengertian Perangkat Lunak: Software, Fungsi, dan Jenis

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: