Jenis dan Macam Ukuran Banner Iklan yang Umum Digunakan

| |

Berbicara mengenai ukuran banner iklan sebenarnya ada banyak sekali jenis dan macamnya. Berikut ini adalah beberapa informasi selengkapnya untuk Anda.

Singkatnya, pengertian banner adalah salah satu media yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, baik via online maupun offline. Banner online merupakan jenis banner yang memiliki ukuran tertentu dan biasanya dipajang di sebuah web atau blog. Sedangkan untuk banner offline sendiri adalah jenis banner yang dicetak menggunakan digital printer dan biasanya berbentuk vertikal.

Jenis-dan-Macam-Ukuran-Banner-Iklan
Jenis dan Macam Ukuran Banner Iklan (Pexels Canva)

Jenis dan Macam Ukuran Banner Iklan

Leaderboard

Ini adalah jenis dan macam ukuran banner yang paling sering digunakan, terutama bagi para advertiser dan pemain Google AdSense. Memiliki ukuran 728 x 90 pixel, banner tersebut biasanya digunakan untuk mengiklankan sebuah produk. Ukuran banner ini dianggap paling ideal dan kemungkinan untuk mendapatkan klik lebih besar.

Medium Rectangle

Ukuran untuk jenis banner ini adalah 300 x 250 pixel. Banner tersebut mendukung iklan berupa teks dan gambar yang biasanya banyak ditemukan diberbagai tempat – tempat strategis. Sebab ukurannya yang tidak terlalu besar dan kecil sehingga cocok untuk berbagai area web.

Large Rectangle

Format ukuran banner ini lebih cocok untuk konten. Anda bisa meletakkannya di sebelah tulisan sehingga konten yang dibuat seperti memiliki dua kolom. Adapun ukuran jenis banner tersebut adalah 336 x 280 pixel.

Large Skyscraper

Berbentuk vertikal, ini adalah jenis banner yang biasanya digunakan para advertiser sebab biasanya butuh lebih banyak ruang untuk menyampaikan pesan secara efektif. Ukuran jenis banner large skyscraper yakni 300 x 600 pixel.

Large Mobile Banner

Lain halnya dengan jenis ukuran banner satu ini yang termasuk dalam kategori besar. Banner tersebut lebih ideal digunakan untuk layout mobile dan memiliki ukuran 320 x 100 pixel.

Mobile Banner

Berukuran 320 x 50 pixel, inilah jenis banner yang sebenarnya kurang efektif untuk menarik pengunjung, tetapi tidak terlalu mengganggu pengunjung web, apalagi bagi mereka yang menggunakan smartphone.

Wide Skyscraper

Ukuran jenis banner satu ini adalah 160 x 600 pixel. Memiliki lebar yang sedikit lebih sempit, sebab banner tersebut dibuat khusus untuk sidebar yang sempit dan mendukung untuk jenis iklan bergambar maupun teks di kalangan para advertiser.

red-exhibit-display-ukuran-banner
red exhibit display – ukuran banner (credit: Freepik/macrovector-official)

X Banner Standar

Ini adalah jenis banner yang memiliki kaki sehingga lebih mudah untuk dibawa kemana – mana. Selain itu, jenis banner tersebut bisa digunakan secara terus menerus asal tidak mengalami kerusakan. Ukuran yang bisa diterapkan pada jenis banner x banner standar yakni 20 x 40 cm, 60 x 160 cm, 60 x 120 cm dan 80 x 180 cm.

x-stand-banners-illustration
x stand banners illustration (credit: Freepik/pikisuperstar)

X Banner Indoor

Apabila Anda ingin melakukan promosi di dalam ruangan, maka jenis banner ini adalah pilihan tepatnya. Memiliki ukuran 16 x 60 cm, x banner indoor juga memiliki varian ukuran lain, yakni 120 x 60 cm namun ukuran tersebut jarang digunakan.

Mini X Banner

Dari namanya kita pasti sudah tahu kalau jenis banner tersebut memiliki ukuran lebih kecil. Mini x banner biasanya digunakan untuk memberi informasi mengenai sebuah acara tertentu dan melakukan promosi. Ukurannya yang praktis, yakni 26 x 38 cm banner tersebut bahkan lebih banyak diminati untuk digunakan sebab lebih mudah dan murah.

Demikianlah jenis dan macam ukuran banner iklan yang umum digunakan. Semoga informasinya bermanfaat.

Previous

Mengetahui Kegunaan Poster Lingkungan Lebih Lengkapnya

7 Rekomendasi Website Download CV Menarik

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: