Mengetahui Pengertian 5W 1H Beserta Contohnya

| |

Kira – kira apa yang Anda ketahui mengenai 5W 1H?

Rudyard Kipling adalah seseorang yang pertama kali memperkenalkan rumusan 5W 1H. Rudyard Kipling sendiri merupakan salah seorang penulis novel, cerita pendek dan penyair yang namanya bisa dikatakan cukup populer. Rudyard Kipling bahkan sudah cukup lama menjadi editor di beberapa majalah ternama.

Dalam bahasa Inggris misalnya, kebanyakan orang lebih mengenal rumusan 5W 1H tersebut sebagai salah satu unsur penulisan di dunia jurnalistik. Namun, unsur tersebut sebenarnya berlaku pula di hampir semua bidang ilmu selain dari jurnalistik, diantaranya seperti bisnis hingga bahasa. Pada dasarnya rumusan 5W 1H memiliki peranan penting, yakni membuat suatu perumusan masalah atau bisa pula digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Pengertian 5W 1H

Pengertian 5W 1H
Pengertian 5W 1H

Bagi sebagian orang bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari. Padahal sebenarnya ada formula yang paling mudah untuk mendapatkan detail penulisan dalam bahasa Inggris, terutama mengenai penulisan deskriptif. Diketahui, tujuan dari penulisan deskriptif sendiri tidak lain untuk mengkomunikasikan dan menjelaskan suasana secara detail. Dengan begitu pembaca bisa merasakan kondisi seperti apa yang disampaikan di dalam tulisan deskriptif tersebut.

Nah, jika berbicara lebih jauh mengenai formula penulisan deskriptif dalam bahasa asing tersebut, rumusan 5W 1H menjadi hal yang penting untuk Anda ketahui, antara lain :

  • What : Apa
  • Who : Siapa
  • When : Kapan
  • Where : Di mana
  • Why : Kenapa
  • How : Bagaimana

Namun demikian, dalam bahasa Indonesia rumusan 5W 1H biasanya dikenal dengan sebutan “Adiksimba”. Singkatnya, pengertian Adiksimba sendiri adalah sebutan yang digunakan untuk memahami dan mengerti sebuah berita atau informasi. Selain itu, Adiksimba juga diartikan sebagai pertanyaan yang mana jawabannya dianggap sebagai dasaran dalam pengumpulan informasi maupun dalam memecahkan suatu masalah.

Adiksimba banyak digunakan dalam dunia jurnalis, penelitian dan penyidikan kepolisian. Rumusan 5W 1H dalam bahasa Indonesia menjadi kerangka dalam penyusunan laporan terkait subjek. Penggunaan rumusan 5W 1H dikatakan penting, sebab membuat isi berita, informasi atau cerita yang ditulis memiliki alur dan inti yang jelas. Berikut ini akan kami jelaskan lebih rinci mengenai 5W 1H yang harus Anda tahu.

What – Apa

What atau yang berarti “apa” merupakan unsur pertama yang harus ada dalam suatu penulisan. Alasannya, suatu tulisan pastinya memiliki tema atau inti cerita yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

Misalnya dalam penulisan deskriptif, kata “What” digunakan untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi. Tak hanya apa yang saat ini sedang terjadi tetapi juga bisa apa saja detail dalam kejadian tersebut. Artinya, kata “What” akan memberikan jawaban dari pertanyaan seputar apa yang sedang terjadi. Melalui kata “What” ini pula penulis didorong untuk mengumpulkan fakta sebanyak – banyaknya, terutama yang ada kaitannya dengan kejadian yang terjadi.

Who – Siapa

Untuk memahami sebuah berita atau cerita pastinya tidak lengkap jika tidak tahu siapa saja yang terlihat di dalamnya. Kata “Who” dalam rumusan 5W 1H memfasilitasi penulis untuk memberikan informasi mengenai orang – orang yang terlibat dalam cerita yang sedang ditulis.

Ya, kata “Who” memiliki peranan penting untuk menjelaskan pelaku atau korban dalam suatu berita, cerita, peristiwa atu fenomena yang akan dituangkan dalam penulisan deskriptif tersebut. Hanya saja penting untuk diketahui secara bersama bahwasannya deskripsi korban dalam penulisan deskriptif harus ditulis secara jelas dan terperinci. Dengan begitu pembaca bisa mengetahui ciri – ciri korban tersebut.

Selain pelaku utama dalam sebuah cerita, disini Anda sebagai penulis juga harus menjelaskan pelaku atau orang lain yang turut mendukung cerita tersebut yang pada akhirnya bisa terbentuk.  

When – Kapan

Seperti yang kita tahu bahwa dalam sebuah peristiwa yang dituangkan di sebuah berita atau cerita perlu dilengkapi dengan keterangan waktu secara jelas. Tentunya hal tersebut sangat berguna sekali untuk memberikan informasi yang lebih akurat terhadap peristiwa yang sedang terjadi.

Sayangnya, banyak yang keliru tentang arti kata “When” dalam penulisan deskriptif. Kata “When” sendiri perlu dipahami secara kritis bahwasannya “When” tidak hanya tentang hari dan tanggal, tetapi bisa pula mengenai waktu dan musim.

Where – Di mana

Suatu cerita atau permasalahan dalam sebuah berita yang jelas pastinya akan menjabarkan mengenai tempat kejadian sebuah peristiwa tersebut. Alasannya, karena semua peristiwa pastinya memiliki lokasi tempat kejadiannya. Pastinya yang demikian juga turut mendukung agar pembaca bisa lebih mudah memahami alur cerita dengan jelas, asalkan disertai keterangan tempat yang jelas atas suatu peristiwa yang disampaikan.

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa tiap orang yang berkomunikasi menggunakan bahasa verbal pastinya paham dan tahu apa arti kata “When”. Semua juga akan setuju bahwasannya arti kata “When” lebih mengarahkan seseorang kepada suatu tempat atau lokasi. Nah, dalam penulisan deskriptif suatu berita atau peristiwa, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, pengarahan lokasi juga bisa dideskripsikan dengan penjelasan – penjelasan detail tempat atau lokasi tersebut.

Why – Kenapa

Lalu untuk yang berikut ini adalah unsur “Why” yang berarti “Kenapa”. Ini merupakan salah satu bentuk kata penting dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, yang lebih mengarahkan seseorang kepada suatu hal yang mengkritisi orientasi detail suatu berita maupun cerita dengan setiap unsurnya. Tentunya setiap unsur tersebut akan dijelaskan secara sistematis dan kenapa hal tersebut bisa terjadi.  

Pastinya suatu peristiwa terjadi bukan tanpa alasan. Oleh karenanya setiap penulis diharuskan untuk membubuhkan atau menambahkan unsur “Why” dalam tulisannya untuk menjelaskan penyebab suatu peristiwa yang terjadi.

How – Bagaimana

Kata “How” dalam rumusan 5W 1H memiliki arti “Bagaimana”, ini merupakan salah satu unsur yang mengharuskan penulis untuk menjabarkan atau menjelaskan proses yang berisikan mengenai bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Selain itu, fungsi unsur tersebut juga bisa menjadi unsur penjelas tiap deskripsi. Dengan begitu kalimat yang ditulis akan memiliki alur penulisan deskriptif yang bagus.

Pada dasarnya penggunaan unsur kata “How” akan membantu pembacanya untuk memahami alur cerita dan bisa pula mendukung pernyataan atas unsur “Why” yang sebelumnya telah dijabarkan.

Penjelasan mengenai pengertian artikel yang lainnya: Stakeholder, Data Mining, CRM

Contoh Penulisan 5W 1H

Mengetahui Pengertian 5W 1H Beserta Contohnya
Mengetahui Pengertian 5W 1H Beserta Contohnya

Diketahui pertumbuhan perekonomian di Indonesia selama beberapa tahun belakangan ini mencapai rata – rata 7 – 8% setiap tahunnya. Hal tersebut terjadi karena kegiatan ekonomi yang semakin masif, utamanya pada bisnis UMKM. Sehingga yang demikian membuat pemerintah harus menggelontorkan KUR atau Kredit Usaha Rakyat sebesar Rp 34.1 triliun.

Sehingga didapatkan pendapatan per kapita penduduk Indonesia mencapai beberapa kali lipat. Lalu berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), jumlah penduduk Indonesia yang dikategorikan miskin juga semakin banyak berkurang.

Analisis 5W 1H :

  • What : Jumlah penduduk miskin mengalami pengurangan
  • Who : Masyarakat atau penduduk Indonesia
  • Why : Pertumbuhan perekonomian rata – rata 7 – 8% per tahun
  • When : Beberapa tahun terakhir
  • Where : Indonesia
  • How : pemerintah gelontorkan KUR sebesar Rp 34.1 triliun kepada pemilik bisnis UMKM

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar pengertian 5W 1H beserta contohnya. Semoga informasinya bermanfaat.

Previous

Kecapi – Alat Musik Tradisional Khas Sunda, Jawa Barat

Cara Screenshot Laptop atau PC yang Mudah dan Gratis WaJib Dicoba

Next
%d bloggers like this: