Poster Pendidikan

| | ,

Pendahuluan: Apa itu Poster Pendidikan

Sebelum kita membahas tentang cara membuat poster pendidikan, kita terlebih dahulu akan membahas pengertian poster pendidikan itu sendiri. Jadi sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan poster pendidikan?

Poster pendidikan adalah suatu karya seni berupa perpaduan antara kalimat dan gambar yang bersifat mendidik atau memberikan pengetahuan terhadap khalayak ramai dan tersedia atas berbagai macam bentuk serta ukuran.

Poster pendidikan sendiri dihadirkan untuk keperluan edukasi dimana fungsinya adalah untuk mengajak orang – orang agar melakukan hal positif sesuai dengan pesan yang tersimpan dibalik poster tersebut. Lantas seperti apa cara membuat poster pendidikan itu sendiri? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda!

Cara Membuat Poster Pendidikan dan Contohnya

Pertama, tentukan tujuan dan topik yang akan disampaikan

Dalam membuat poster pendidikan, hal pertama yang Anda perlu perhatikan lebih dulu adalah memikirkan apa yang akan Anda sampaikan. Contohnya, Anda ingin menyampaikan suatu gagasan atau informasi tentang pendidikan didalam poster yang dibuat.

Sesuai dengan apa yang Anda akan sampaikan tersebut, maka dalam pembuatan awal Anda harus terlebih dahulu melakukan riset atas apa yang akan Anda tuangkan di dalam poster. Mulai dari soal gambar, kata – kata, desain dan tata letak, semuanya harus di-planning atau direncanakan secara matang.

Kedua, pastikan gambar yang digunakan menarik perhatian

Hal selanjutnya yang juga penting Anda perhatikan adalah penggunaan gambar di dalam poster yang dibuat. Dalam penggunaan gambar pada poster biasanya menggunakan proporsi yang lebih besar dibandingkan tulisan poster itu sendiri.

Jadi gambar pada sebuah poster menjadi focal point yang penting dan harus sesuai dengan konteks tulisan yang ingin disampaikan. Pada saat penggunaan gambar, Anda perlu memastikan untuk menggunakan warna yang mencolok dan lebih independen dibandingkan tulisan itu sendiri.

Hal ini bukan tanpa maksud. Melainkan dimaksudkan untuk mengundang perhatian pembaca sehingga pembaca akan tertarik untuk membacanya.

Gunakan kalimat singkat dan dapat mensugesti pembaca

Kalimat yang disampaikan didalam poster tidak boleh berbelit – belit. Kalimat yang rancu atau malah mengandung makna ganda tidak boleh digunakan didalam poster. Akan tetapi pastikan kalimatnya juga jangan terlalu singkat sehingga bermakna ambigu. Pastikan Anda memilih kalimat – kalimat yang dapat mensugesti pembaca secara langsung agar orang yang membaca dapat menangkap apa yang dibaca dan menjalankan pesan atas apa yang dibaca dengan tepat.

Pastikan menggunakan media yang tepat

Baik media bahan pembuatan poster atau media tempat harus merupakan media yang terbuat dari bahan tidak mudah rusak atau sobek. Maksudnya adalah bahwa media dinding yang akan digunakan baik itu struktur dinding dan suasana di sekitar dinding harus tepat agar poster bisa menempel dengan baik dan tidak mudah rusak atau bergeser.

Pastikan dinding yang digunakan sebagai tempat menempelkan poster berbentuk datar dan tidak berlubang. Jangan lupa juga agar Anda memilih tempat yang strategis sebagai tempat poster ditempelkan  agar poster tersebut mudah dibaca banyak orang.

Itulah cara membuat poster pendidikan yang tepat dan bisa Anda ikuti. Sementara mengenai contohnya, salah satu contoh kalimat untuk poster pendidikan yaitu :

“Buku adalah jendela dunia”

Poster-pendidikan-Buku-adalah-Jendela-Dunia
Poster pendidikan: Buku adalah Jendela Dunia (Pexels)

Untuk gambar yang sesuai dengan kalimat poster diatas diantaranya adalah gambar anak berseragam sekolah yang sedang membaca buku. Dapat ditambah dengan icon – icon tambahan sebagai pelengkap gambar seperti gambar jendela dan bola dunia, gambar bumi dan tumbuhan, atau yang lainnya. Tentu gambar tersebut harus diusahakan sesuai dengan kalimat posternya yaitu buku adalah jendela dunia.

Demikian ulasan selengkapnya untuk Anda tentang cara membuat poster pendidikan dan contohnya. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang inspiratif. Selamat mencoba berkarya membuat poster sesuai dengan informasi yang kami sampaikan diatas.

Previous

Pengertian Data Mining dan Cara Penerapannya

Stakeholder Adalah – Pengertian, Jenis dan Fungsi

Next
%d bloggers like this: