Cara Menghitung Persen di Excel

| |

Bagaimana Cara Menghitung Persen di Excel Tanpa Ribet?

Istilah persen atau persentase (%) dalam pengolahan data memang sudah tidak asing lagi. Persen juga disebut dengan per seratus. Istilah tersebut lebih merujuk pada sebuah perbandingan atau rasio yang di dalamnya menyatakan pecahan dari seratus. Nah, Microsoft Excel sendiri merupakan salah satu software atau aplikasi pengolah data berupa angka yang cukup terkenal sekali. Buat Anda yang kebetulan sedang mencari cara menghitung persen di Excel yang mudah tanpa ribet, simak langkah – langkahnya berikut ini.

cara-menghitung-persen
cara menghitung persen

Cara Menghitung Persen di Excel Tanpa Ribet

Menampilkan Persen

Sebenarnya cara menghitung persen di Excel mudah sekali, yakni dengan menerapkan format persentase pada lembar kerja Excel itu sendiri. Namun sebagai langkah pertamanya Anda hanya perlu menampilkan persen itu sendiri di Excel. Caranya adalah dengan mengeklik ikon “%” di grup angka pada tab beranda, atau dengan menekan Ctrl + Shift + %.

excel-menampilkan-persen
excel menampilkan persen (Sebelum tombol persen di klik)
excel-menampilkan-persen 2
excel menampilkan persen (Sesudah di-klik tombol persen)

Format Sel yang Berisi Angka

Untuk menghitung persen di Excel langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menerapkan format persentase pada angka yang sudah ada di lembar kerja. Excel nanti akan alihkan angka tersebut dengan 100 untuk kemudian diubahnya jadi persentase.

Contohnya (lihat gambar tampilan excel setelah di-klik tombol persen), jika satu sel berisikan angka 33, maka Excel akan alihkan angka tersebut dengan 100, yang artinya angka yang harus dimasukkan akan berubah jadi 3300.00% setelah Anda menerapkan format persentase.

Lalu untuk menampilkan persentase scara akurat, sebelum memformat angka sebagai persentase Anda harus terlebih dulu menghitungnya sebagai persentase, kemudian tampilkan dalam format desimal. Persentase sendiri dihitung menggunakan persamaan jumlah / total = persentase.

Format Sel Kosong

Kemudian jika Anda ingin menerapkan format persentase ke sel kosong, kemudian Anda mengetikkan angka ke sel tersebut maka hasilnya akan sedikit berbeda. Dimana angka berapapun yang yang terdapat dalam sel akan dikonversikan jadi persen secara default. Contoh apabila anda mengetik angka 7 maka sel tersebut akan berubah menjadi 7%. Bahkan apabila mengisikan sel tersebut dengan angka 7000, maka sel tersebut akan berubah menjadi 7000%.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh cara menghitung persen di Excel yang penting untuk Anda tahu.

Menaikkan dan Menurunkan Angka Persen

Apabila Anda berbelanja dalam setiap minggunya sebesar Rp 25.000,00 dan ingin menghemat pengeluaran sebesar 25%, maka berapa banyaknya uang yang bisa Anda belanjakan? Atau, apabila Anda ingin menambahkan alokasi makanan mingguan menjadi Rp 25.000,00 sebesar 25%, maka berapa alokasi mingguan barumu?

Apabila B2 adalah jumlah yang akan dibelanjakan dan C2 adalah persen yang akan dikurangi dari jumlah tersebut, maka Anda bisa memasukkan = B2* (1 – C2) di D2 untuk ketahui hasilnya. Sehingga besaran jumlah angka untuk masing-masing pertanyaan tersebut adalah Rp 18.750,00. Untuk soal pertama dikurangkan terhadap anggaran belanja, sedangkan soal kedua dijumlahkan dengan anggaran belanja.

menghitung-besaran-jumlah-dalam-persen
menghitung besaran jumlah dari persen

Menghitung Jumlah Berdasarkan Persen

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli laptop adalah sekitar Rp 7000.000,00 dan untuk biaya pajaknya sendiri sebesar 8.9%, kira – kira berapa banyak yang harus Anda bayarkan untuk pajak penjualan tersebut?

Dari contoh tersebut Anda ingin temukan 8.9% dari Rp 7000.000,00. Untuk menghitung persen di Excel Anda harus mengkombinasikan beberapa rumus berikut.

Apabila B2 adalah harga dan C2 adalah pajak penjualan, maka Anda bisa mengetikkan rumus = B2*C2 di D2. Sehingga nilai pajak penjual tersebut adalah Rp 623.000,00.

menghitung-persen-pajak-penjualan
menghitung jumlah pajak penjualan berdasarkan persen

Menghitung Persen Berdasar Dua Jumlah

Seorang siswa mendapatkan nilai 42 poin benar dari 50 dalam sebuah tes yang diberikan, kira – kira berapa persentase jawaban siswa tersebut yang benar?

Misalnya, jika angka di B2 adalah poin jawaban benar, C2 adalah poin jawaban salah, dan angka di D2 adalah jumlah total poin, maka Anda bisa mengetikkan rumus sebagai berikut, = B2/D2 di D2 untuk ketahui nilainya.

menghitung-persen-berdasarkan-jumlah-total
menghitung persen berdasarkan jumlah total

Nah, itu dia cara menghitung persen di Excel tanpa ribet yang mudah. Semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi.

Previous

Mengetahui Kepanjangan IT dan Pengertiannya

Sejarah dan Fakta Menarik Tentang Suku Dayak

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: