Mengetahui Kepanjangan IT dan Pengertiannya

| |

Kepanjangan IT

Kepanjangan IT adalah information technology, yang berarti teknologi informasi. Singkatnya, pengertian IT secara umum adalah suatu studi perancangan juga implementasi, dukungan, pengembangan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, khususnya hardware dan software.

Dengan kata lain, IT dapat didefinisikan sebagai fasilitas yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk mendukung serta meningkatkan kualitas informasi dengan cepat bagi masyarakat. Memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, IT diketahui berguna untuk mengubah, menyimpan, membantu, mengkomunikasikan dan menyebarkan berbagai bentuk informasi.

Kepanjangan-IT-dan-Pengertiannya
Kepanjangan IT dan Pengertiannya (Pixabay)

Pengertian IT Lebih Lengkapnya

Setelah mengetahui kepanjangan IT, kini saatnya untuk mengetahui tentang pengertian IT lebih lengkapnya. Ya, teknologi informasi ini tidak hanya penting sebagai alat berkomunikasi via elektronik, tetapi juga menjadi perangkat penting yang sudah seharusnya dimiliki dalam bisnis. Di dunia bisnis IT umumnya dijadikan sebagai sarana berkoordinasi dan pengarsipan dokumen – dokumen penting perusahaan.

Beberapa pakar, terutama yang menggeluti bidang ilmu komputer dan teknologi menjelaskan mengenai pengertian IT, antara lain seperti berikut.

Mc Keown

Pengertian IT menurut Mc Keown adalah seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk membuat, mengubah, menyimpan serta menggunakan informasi dalam segala bentuknya.

Lucas

Lalu, menurut Lucas sendiri, IT diartikan sebagai segala bentuk teknologi yang diaplikasikan untuk memproses dan mengirim informasi dalam bentuk elektronis.

Williams dan Sawyer

IT menurut Williams dan Sawyer didefinisikan sebagai teknologi yang menggabungkan antara komputer dengan jalur komunikasi yang berkecepatan tinggi untuk kemudian membawa berbagai bentuk data – data, suara serta video.

ITAA (Information Technology Association of America)

Pengertian IT menurut ITAA sendiri adalah proses pengelolaan, penyimpanan dan penyebaran berbagai informasi, baik yang berbentuk gambar, teks, vocal dan numerik lewat mikro elektronika yang berbasis kombinasi telekomunikasi dan komputasi.

Haag dan Keen

Haag dan Keen memiliki pendapat lain mengenai IT, yakni seperangkat alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan dengan informasi dan melakukan tugas yang ada kaitannya dengan pemrosesan informasi.

Martin

Martin sendiri mengatakan bahwa, IT tidak hanya terbatas pada perangkat keras dan lunak saja yang digunakan untuk memproses serta menyimpan berbagai bentuk informasi, tetapi juga mencakup teknologi informasi yang digunakan untuk mengirim sebuah informasi.

Fungsi dan Peran IT bagi manusia

Secara umum ada beberapa fungsi dan peran penting IT bagi manusia, diantaranya seperti berikut ini.

  • Untuk mengkompilasi catatan secara mendetail dan jelas dari berbagai aktifitas, seperti menerima input dari keyboard, mic, scanner dan lain sebagainya.
  • Untuk mengelola data masukan yang diterima lalu diubahnya menjadi informasi baru. Pemrosesan data ini bisa dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk konversi, menghitung, menggabungkan, hingga menganalisis bentuk informasi dan data.
  • Untuk menghasilkan informasi ke dalam bentuk yang lebih berguna, misalnya tabel, grafik, perhitungan dan lain – lain.
  • Untuk merekam berbagai informasi dan data ke dalam media, lalu digunakan untuk keperluan lain, misalnya data disimpan dalam flashdisk, hardisk dan CD.
  • Digunakan untuk mencari dan menelusuri kembali informasi serta data yang sudah pernah disimpan, misalnya mencari data klien yang sama sekali belum pernah melakukan pembayaran.
  • Digunakan untuk mengirim data – data dan informasi dari suatu tempat ke tempat lain, misalnya dengan memanfaatkan jaringan komputer. Contohnya, mengirimkan data penjualan ke tim lain di tempat yang berbeda.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang kepanjangan IT dan pengertiannya. Semoga bermanfaat.

Previous

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Gratis dan Terbaik

Cara Menghitung Persen di Excel

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: