Cloud Computing – Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

| | ,

Komputasi Awan

Apa itu Cloud Computing? Disebut juga dengan komputasi awan, Cloud Computing adalah gabungan antara pemanfaatan teknologi PC atau komputer dengan pengembangan berbasis internet. Dalam hal ini kata, “Cloud” sendiri diartikan sebagai metafora dari internet sebagaimana yang sering digambarkan dalam diagram jaringan komputer.

Bagi masyarakat awam mungkin masih cukup asing ketika pertama kali mendengar istilah Cloud Computing. Namun demikian, kata tersebut cukup sering terdengar di dunia bisnis. Alasannya, Cloud Computing memiliki peranan penting, yakni untuk mendorong perkembangan kinerja bisnis.

cloud-computing-komputasi-awan
cloud computing / komputasi-awan

Pengertian Cloud Computing

Secara umum, pengertian Cloud Computing adalah sebagai kumpulan dari seperangkat teknologi, khususnya yang membentuk lingkungan Cloud. Namun demikian, Rountree, Derrick Castrillo menilai kalau kumpulan teknologi tersebut ternyata bukanlah inti dari Cloud Computing. Sehingga istilah Cloud Computing ini juga didefinisikan sebagai gaya komputasi terbaru, dimana sumber dayanya terukur secara dinamis dan kerap kali menggunakan konsep virtualisasi.

Nah, konsep virtualisasi dalam Cloud Computing tersebut telah disediakan provider dengan cara memanfaatkan media internet yang ada. Jadi, secara konsep kata Cloud Computing berarti mengakses dan menyimpan data – data serta program lewat jaringan internet, mulai dari lokasi yang berbeda atau pun dengan menggunakan perangkat komputer dari hard driver perangkat yang Anda miliki.

sistem-komputasi-awan
sistem server komputasi awan (Pixabay)

Adapun syarat utama dalam penerapan konsep Cloud Computing sendiri adalah kehadiran jaringan internet agar bisa mengakses data – data yang diperlukan. Melalui Cloud Computing ini pula seseorang bisa lebih mudah mengakses data – data maupun program dari mana pun, kapan pun dan dengan perangkat apapun.

Cloud Computing juga diartikan sebagai model pemberian layanan teknologi berbasis informasi bagi para pengguna secara lebih fleksibel menggunakan server virtual dan dengan skalabilitas yang lebih besar, serta manajemen layanan yang baik pula. Layanan teknologi tersebut kemudian digunakan oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk memudahkan ketika akan menjalankan proses bisnisnya dengan baik.

Bisa dibilang, Cloud Computing adalah trend baru tahun ini terutama di bidang komputasi yang terdistribusi. Dimana berbagai pihak bisa dengan mudahnya mengembangkan aplikasi atau software, dan layanan berbasis SOA atau Service Oriented Architecture di jaringan internet. Bagi pengguna, Anda tentunya bisa lebih bebas dan mudah ketika mengakses layanan dari berbagai perangkat, seperti PC, laptop dan smartphone.

Ketika akan mengakses Cloud Computing Anda bahkan tidak perlu memiliki infrastruktur fisik lain. Di sini Anda hanya perlu sewa infrastruktur virtual dari penyedia pihak ketiga. Tenang, sebab provider IT akan memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna Cloud Computing. Data yang ada di dalam layanan tersebut nanti disimpan di banyak server Cloud dan kemudian dikumpulkan membentuk data center.

Fungsi Cloud Computing

Lebih Fleksibel

Akhir – akhir tahun ini ternyata semakin banyak saja perusahaan atau pemilik bisnis yang sadar kalau ternyata penggunaan Cloud Computing bagi perkembangan bisnisnya sangat penting. Kenapa? Cloud Computing diklaim menawarkan fleksibilitas yang jauh lebih besar bagi karyawan atau pegawai dalam praktek kerja mereka.

Apabila Anda termasuk salah satu yang butuh akses ke dokumen dan data ketika Anda ada di luar lokasi kerja, atau saat di rumah, maka Anda bisa lebih mudah berinteraksi dengan kantor virtual menggunakan Cloud Computing. Dikatakan mudah, sebab dalam penggunaannya Cloud Computing ternyata tidak hanya butuh koneksi internet yang lancar agar terhubung.

global-network-connection
koneksi network global (Pixabay)

Skalabilitas

Berbicara mengenai manfaat Cloud Computing, terutama bagi sebuah bisnis pastilah sangat banyak, salah satunya adalah skalabilitasnya. Layanan ini bisa dikatakan sangat ideal sekali untuk perusahaan, terutama dengan permintaan bandwidth yang meningkat atau berfluktuasi.

Ya, lewat Cloud Computing inilah bisnis yang sedang Anda kembangkan bisa meningkatkan atau pun mengurangi sistem pengoperasiannya. Lalu kebutuhan penyimpanan sumber daya bisnismu pun butuh penyesuaian yang lebih cepat dan tepat untuk beradaptasi dengan perusahaan skalabilitas tersebut.

Setelah itu, Anda pun bisa lebih mudah ketika akan meningkatkan kapasitas Cloud dengan cara memanfaatkan layanan server jarak jauh. Begitu pun apabila Anda ingin menghemat pengeluaran, maka Anda bisa kembali melakukan pengurangan pada kapasitasnya.

Pengontrolan Dokumen

Tak bisa dipungkiri semakin banyaknya representatif dan mitra kerja yang menggunakan dokumen sama dan dalam waktu bersamaan, maka hal tersebut akan semakin besar kebutuhan untuk mengendalikan dokumen agar tetap dalam keadaan aman.

Diketahui, saat sebelum ada Cloud Computing pegawai diharuskan terlebih dulu mengirimkan file bolak – balik sebagai lampiran email pada pegawai lain, maupun klien di waktu yang sama. Apabila yang demikian dibiarkan saja sudah pasti akan mengakibatkan format, konten dan judul dokumen jadi berantakan.

Tingkatkan Daya Saing

Sebagai pemilik bisnis atau perusahaan Anda pastinya menyadari jika persaingan industri dari waktu ke waktu semakin ketat saja. Tentunya yang demikian memaksakan perusahaan Anda untuk lebih praktis dan cepat ketika menanggapi perubahan di pasar.

Beruntung, sebab Cloud Computing menjadi solusi yang paling fleksibel bahkan bisa disesuaikan karena dipercaya dapat mendatangkan keuntungan yang banyak. Tidak hanya itu, Cloud Computing juga diyakini sangat bermanfaat untuk membantu perusahaan Anda agar bisa bergerak lebih cepat dalam menjalankan bisnis.

Tabungan dan Investasi Biaya

Adapun manfaat Cloud Computing secara umum lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai tabungan dan investasi biaya. Ya, lewat pemanfaatan Cloud Computing Anda tak perlu lagi harus mengeluarkan biaya untuk pembelian inventaris seperti harddisk maupun infrastruktur.

Dalam hal ini Anda hanya akan dikenakan biaya serendah mungkin untuk kompensasi secara rutin di setiap bulannya, atau hanya sekali dibayar sesuai paket layanan yang sudah disepakati sebelumnya dengan penyedia layanan Cloud Computing.

Interaksi yang Efisien dan Efektif

Melalui penggunaan Cloud Computing maka pegawai bisa lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi. Cloud Computing bahkan memungkinkan menciptakan interaksi yang lebih baik antara pegawai, juga memungkinkan beberapa pengguna bisa berbagi dan mengerjakan data secara bersama – sama.

Tak heran kalau Cloud Computing diklaim dapat memudahkan pekerjaan para ahli desain dan konstruksi perusahaan, terutama yang sedang menginvestasikan sebagian besar waktu kerja mereka di berbagai wilayah atau di luar negeri demi mendapatkan informasi, dokumen maupun catatan terkait pekerjaan mereka secara tepat.

Cara Kerja Cloud Computing

Dalam penggunaannya, Cloud Computing memang membutuhkan koneksi internet yang lancar sehingga nanti bisa difungsikan dengan baik, misalnya untuk memungkinkan pengguna mengakses serta mengunduh data atau file dari perangkat mana pun.

Bahkan pengguna Cloud Computing juga bisa melakukan editing dokumen atau file secara bersama dengan pengguna lain. Artinya, pengguna Cloud Computing bisa bekerja di luar kantor dengan lebih mudah.

Tergantung pada kebutuhan spesifik setiap perusahaan, biaya yang dikenakan untuk penggunaan Cloud Computing sangat bervariasi. Jika Anda adalah pengguna individu maka Anda akan mendapat jumlah Cloud Computing awal secara gratis, seperti 5 GB menggunakan Apple iCloud.

Namun demikian, jika kapasitas tersebut masih dirasa kurang maka Anda perlu membayar biaya untuk memiliki penyimpanan tambahan. Tak perlu khawatir, sebab tarif yang dikenakan sudah mencakup tarif bulanan atau tahunan, tergantung layanan yang Anda pilih.

Nah, itu dia informasi yang bisa kami bagikan tentang Cloud Computing lengkap dengan pengertian, fungsi dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

Previous

VPN Adalah: Pengertian dan Fungsi

Manfaat Menggunakan Poster Hemat Energi

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: