Manfaat Menggunakan Poster Hemat Energi

| | ,

Pendahuluan

Apa itu poster hemat energi? Dan, apa saja manfaat menggunakan poster hemat energi? Sebelum kami akan membahas lebih jauh mengenai poster hemat energi, ada beberapa hal penting lainnya yang harus Anda tahu, yakni tentang krisis energi.

Krisis Energi

Ya, krisis energi saat ini telah jadi wacana yang paling sering diperbincangkan. Pada dasarnya krisis tersebut terjadi karena cadangan bahan bakar minyak yang terus mengalami pengurangan di hampir setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri misalnya, bahan bakar minyak kini hanya ada 9 miliar barel. Yang mana jumlah tersebut diperkirakan akan habis dalam kurun waktu 18 tahun. Alasannya, setiap tahunnya ada sekitar 15 juta barel digunakan untuk penuhi kebutuhan masyarakat, mulai dari transportasi, pebangkit listrik hingga akomodasi.

Poster-hemat-energi
Poster hemat energi (Pixabay Canva)

Manfaat Menggunakan Poster Hemat Energi

Melihat masalah tersebut tentu saja pemerintah tidak tinggal diam. Pemerintah sudah mencoba mencari solusi dan mengembangkan sumber energi alternatif. Misalnya dengan cara memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber energi terbarukan. Meskipun baru digunakan sekitar 4 persen, tetapi energi tersebut berpotensi jadi sumber yang bisa penuhi kebutuhan energi nasional di masa yang akan datang.

Sayangnya, upaya tersebut akan sangat percuma tanpa dukungan masyarakat. Untuk itu diperlukan edukasi hemat energi. Edukasi ini sebenarnya sudah dilakukan oleh pemerintah dan swasta. Tak hanya di sekitar perkantoran saja, tetapi juga merambah ke berbagai sekolah – sekolah. Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran lebih akan pentingnya hemat energi kepada para siswa. Dengan demikian diharapkan agar mereka mampu menerapkan perilaku hemat energi di rumah dan tempat umum.

Tetapi pada kenyataannya di sekolah – sekolah terjadi pemborosan energi. Dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar, sekolah memang butuh pasokan energi yang lebih besar, seperti listrik dan air. Namun sumber energi tersebut kerap kali digunakan secara berlebihan. Untuk mengatasi hal ini, sejumlah sekolah ada yang menggunakan poster hemat energi untuk tumbuhkan kesadaran hemat energi di diri siswa. Poster tersebut diletakkan di beberapa tempat, mulai ruang kelas hingga kamar mandi.

Poster hemat energi biasanya juga ditempelkan di ruang – ruang kelas. Poster ini memiliki tujuan khusus, yakni mengingatkan semua siswa agar bersikap lebih bijak lagi dalam menggunakan listrik di kelasnya. Selain itu, ada juga poster yang diletakkan di kamar mandi. Meski bermaksud mendidik, tetapi penggunaan poster ini belum efektif.

Tidak Maksimal dalam pemahaman Poster

Bagaimana tidak, banyak siswa yang mengabaikan poster tersebut. Siswa tetap saja boros dalam penggunaan listri dan air meski sudah ada poster hemat energi yang diletakkan di kelas dan kamar mandi. Alasan siswa mengabaikan poster ini sangat beragam, salah satunya adalah karena poster tersebut sudah terlalu umum dan terlihat membosankan.

Sama halnya ketika kita menonton sebuah acara televisi setiap hari, dimana setiap program yang dilihat hanya itu – itu saja. Bahkan iklan yang ada pun terus diputar berulang – ulang kali hingga Anda hafal isinya. Pastinya yang ada dalam benak Anda ketika terus – terusan melihatnya adalah kebosanan, hingga akhirnya Anda mengabaikan ketika melihatnya lagi.

Hal tersebut yang juga terjadi pada poster – poster itu. Kita sudah terlalu sering melihat dikehidupan sehari – hari. Kita bahkan sudah sangat sering menemukannya di tempat umum, seperti ruang kelas dan WC. Tak ayal, yang demikian menimbulkan rasa bosan sebab kita hanya melihat yang itu – itu saja setiap harinya.

Nah, itu dia beberapa manfaat menggunakan poster hemat energi yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Previous

Cloud Computing – Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Mengetahui Kegunaan Poster Lingkungan Lebih Lengkapnya

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: