VPN Adalah: Pengertian dan Fungsi

| |

Pendahuluan: Apa itu VPN?

Kita tahu, bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mengatasi internet positif, atau pembatasan akses situs dan aplikasi – aplikasi yang diblokir pemerintah. Salah satunya adalah dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). Namun sebelumnya, sudahkah Anda tahu apa pengertian VPN lebih lengkapnya? VPN adalah layanan teknologi jaringan komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs atau aplikasi secara rahasia, aman dan menyembunyikan aktivitas di dunia maya.

Tapi, untuk mengetahui pengertian VPN yang sebenarnya, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian-dan-Fungsi-VPN
Pengertian dan Fungsi VPN (Pexels)

Pengertian VPN

Singkatnya, pengertian VPN adalah jaringan komunikasi yang dibuat secara khusus untuk menciptakan koneksi jaringan dengan aman lewat jaringan publik, seperti internet atau jaringan privat yang dimiliki suatu penyedia layanan. Dengan kata lain, VPN dapat didefinisikan sebagai suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara private atau pribadi lewat jaringan umum.

Pada dasarnya masing – masing kata pada Virtual Private Network memiliki makna yang tidak kalah pentingnya untuk Anda tahu, diantaranya seperti berikut.

  • Virtual : Hal tak nyata, atau semu di dunia maya.
  • Private : Hal yang bersifat pribadi sehingga tidak bisa diakses sembarangan orang. Sehingga untuk menjaga kerahasiaannya dari jaringan publik semua data – data akan dienkripsi.
  • Network : Jaringan internet yang saling terhubung.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa VPN adalah kondisi yang terjadi secara virtual pada jaringan internet tertentu tanpa ada koneksi riil yang telah terenkripsi. Kabar baiknya, sekarang sudah semakin banyak saja penyedia layanan VPN di internet. Dengan menggunakan VPN, maka data pribadi dan aktivitas penggunanya akan dienkripsi dengan aman. Artinya, seseorang bisa bebas mengakses situs atau aplikasi yang diblokir aksesnya oleh pemerintah dengan bebas dan aman.

Tak heran jika penggunaan VPN digadang – gadang sebagai cara paling aman dan mudah untuk mengakses LAN (Local Area Network) yang ada di jangkauan tertentu, baik lewat koneksi internet maupun jaringan lainnya untuk melakukan transmisi data secara pribadi. Melalui VPN ini pula seseorang bisa menghindari adanya penyusupan ketika melakukan transmisi data yang bisa saja masuk ke lalu lintas jaringan.

Fungsi VPN

Berikut ini adalah beberapa fungsi VPN selengkapnya yang harus Anda tahu.

Menjaga Kerahasiaan Data

Selain memudahkan seseorang untuk mengakses situs yang diblokir aksesnya oleh pemerintah, ternyata penggunaan VPN juga bisa menjaga kerahasiaan data serta informasi penggunanya. Tujuannya, agar tidak bisa dilacak maupun digunakan orang lain secara sembarangan.

Apalagi seperti yang diketahui, penggunaan jaringan publik saat ini bisa dibilang cukup berbahaya sekali, terutama bagi perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang cukup rentan sekali dengan informasi – informasi penting. Oleh karenanya disarankan untuk menggunakan VPN untuk mengamankan keluar masuknya data lewat metode enkripsi.

Menjaga Keutuhan Data

Adapun fungsi VPN lainnya adalah untuk selamatkan dan amankan data – data dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Program VPN diketahui akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima penerima sesuai permintaan user, tanpa ada perubahan sedikit pun atau manipulasi dari data yang telah dikirimkan.

Otentikasi Sumber

Terakhir adalah VPN mampu autentikasikan sumber pengiriman data yang akan diterima. VPN bahkan bisa memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya. Apabila proses tersebut berhasil, maka segala informasi atau data akan disetujui. Dalam hal ini VPN berfungsi sebagai alat canggih untuk menganalisis sumber data yang tidak kredibel, sehingga bisa mencegah kiriman file virus maupun malware.

Nah, itu dia pengertian VPN adalah dan mengetahui fungsi VPN selengkapnya. Semoga informasinya bermanfaat.

Previous

Tutorial Cara Membuat Google Form Mudah dan Gratis

Cloud Computing – Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: