Tutorial Cara Membuat Google Form Mudah dan Gratis

| | ,

Membuat Google Form Mudah dan Gratis

Bagaimana cara membuat Google Form tanpa ribet? Berikut ini kami bakalan kasih tahu Anda mengenai cara mudah dan gratis membuat Google Form yang bisa dicoba. Di simak, ya langkah – langkahnya!

Singkatnya, pengertian Google Form adalah salah satu produk Google yang dapat diakses secara gratis. Google Form sendiri menyediakan layanan pembuatan formulir secara online. Artinya, melalui Google Form Anda bisa dengan mudahnya membuat formulir secara gratis, asal Anda sudah memiliki akun Gmail.

Silahkan baca juga: Google Cendekia, Rekomendasi Situs Jurnal Ilmiah

Menariknya, penggunaan Google Form ternyata sudah terintegrasi dengan aplikasi lain, seperti Google Docs dan Google Drive. Oleh karenanya Anda nanti juga bisa membuka Google Form dimana saja dari ponselmu lewat aplikasi Google Drive.

cara-membuat-google-form
cara membuat google form (Pexels canva)

Tutorial Cara Membuat Google Form Mudah dan Gratis

Pada dasarnya ada beberapa fungsi penting dari kegunaan Google Form, diantaranya seperti berikut ini.

  • Membuat formulir pendataan warga
  • Membuat formulir pengumpulan data penelitian skripsi
  • Membuat kuis
  • Membuat ulangan online
  • Melakukan survey performa pegawai atau karyawan
  • Membuat formulir registrasi atau pendaftaran online
  • dan lain sebagainya.

Mengingat banyaknya kegunaan dari Google Form sehingga Anda tak perlu khawatir lagi data akan terselip, atau pun hilang. Karena semua data tersebut akan disimpan dengan aman di server milik Google. Jadi, layanan yang ditawarkan Google Form tidak hanya mudah dan gratis, tetapi juga benar – benar aman, nyaman dan praktis. Makanya, Anda harus tahu cara membuat Google Form berikut ini.

Membuat Akun Google

Sebagai langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google terlebih dulu. Jika Anda sudah memiliki akun Google, maka Anda bisa melewati langkah ini.

Membuka Situs Google Form

Selanjutnya adalah membuka situs Google Form dengan langsung mengklik link berikut, https://docs.google.com/forms/u/0/. Pada situs tersebut Anda bisa langsung pilih template formulir yang ingin digunakan. Pastikan untuk memiliki template formulir yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun demikian, apabila Anda ingin membuat formulir dari Google Drive, maka Anda bisa menekan menu Ikon Bertanda Plus. Ikon ini ada di bagian kiri atas dan secara otomatis jendela pengaturan formulir akan terbuka.

Jika Anda butuh data survei untuk spreadsheet Anda di Google Sheet, maka Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Yakni, dengan cara mengeklik menu Insert dan memilih opsi Form.

Membuat Google Form

Perlu diketahui, Google Form punya banyak sekali varian pilihan pertanyaan yang bisa disesuaikan dengan jenis data yang Anda butuhkan. Adapun jenis pertanyaan yang bisa Anda berikan pada respondemu diantaranya seperti berikut.

  • Jawaban singkat
  • Paragraf
  • Pilihan ganda
  • Kotak centang

Tentu saja istilahnya akan berubah menjadi bahasa Inggris, sesuai pengaturan Google yang ada di perangkat Anda. Selan itu, Anda juga bisa membuat respondenmu mengunggah file atau data seperti dokumen maupun foto. Pastinya firtur umum seperti menambahkan foto atau gambar dan video bisa Anda lakukan juga.

Apabila Anda sudah selesai menyusun pertanyaan, Anda hanya perlu menekan tombol Kirim yang ada di bagian sudut atas. Kemudian Anda bagikan link Google Form kepada para respondenmu. Tapi, jangan lupa untuk centang Perpendek Url. Tujuannya, agar Anda mendapatkan link lebih singkat.

Lihat Tanggapan Responden

Apabila Anda sudah selesai membagikan Google Form yang telah dibuat, kini saatnya untuk melihat hasil survei yang Anda lakukan. Anda bisa melihatnya pada bagian Tanggapan, atau tepatnya ada di sebelah bagian Pertanyaan. Selain itu, Anda juga bisa lihat versi spreadsheetnya dengan cara mengeklik ikon berwarna merah yang ada di sebelah pojok kanan atas.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tutorial cara membuat Google Form mudah dan gratis. Semoga bermanfaat.

Previous

Komputer Adalah : Ini Dia Ilmu Lengkap Tentang Komputer, Pengertian, Fungsi, Komponen

VPN Adalah: Pengertian dan Fungsi

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: