Komputer Adalah : Ini Dia Ilmu Lengkap Tentang Komputer, Pengertian, Fungsi, Komponen

| | ,

Komputer Adalah

Tertarik untuk memperdalam ilmu pengetahuan mengenai komputer? Sebelum melangkah lebih jauh, sudahkah Anda tahu apa itu komputer? Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk kelola data sesuai prosedur yang dirumuskan sebelumnya sehingga dapat menghasilkan berbagai informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Namun untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai komputer, simak ulasannya di bawah ini.

komputer-pengertian-fungsi-komponen
komputer-pengertian-fungsi-komponen

Pengertian Komputer

Secara umum, definisi komputer adalah perangkat elektronik yang terdiri atas rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung untuk membentuk suatu sistem kerja. Adapun sistem yang ada di dalam komputer itu sendiri nanti akan digunakan untuk melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang telah diperintahkan sebelumnya. Sistem kemudian menghasilkan informasi berdasarkan data – data dan program yang ada.

Selain itu, perlu diketahui bahwa di dalam komputer terdapat tiga elemen utama, seperti perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan pengguna komputer (brainware). Pada dasarnya kata komputer sendiri berasal dari bahasa latin, yakni computare yang berarti menghitung. Oleh karenanya, komputer juga diartikan sebagai alat untuk menghitung aritmatika.

Silahkan baca juga: Pengertian Perangkat Keras: Hardware, Fungsi, dan Jenis

Fungsi Komputer

Data Input

Melalui komputer bisa didapatkan berbagai informasi atau data dari banyak sumber. Data tersebut diterima lewat aktifitas di keyboard, mouse, dari komputer lain maupun peralatan lainnya.

Data Processing

Komputer juga berfungsi sebagai perangkat yang dapat melakukan pengelolaan data sehingga dapat menghasilkan output, yakni berupa informasi. Data yang dikelola di dalam komputer berbentuk teks, audio, gambar, video, grafik dan lain sebagainya.

Data Output

Komputer juga dapat digunakan untuk menghasilkan informasi setelah melewati proses pengelolaan data. Informasi tersebut kemudian disajikan lewat alat printer, monitor dan speaker.

Data Storage

Fungsi lain dari sebuah komputer, yakni sebagai tempat menyimpan berbagai data sehingga bisa ditemukan dengan mudah, lalu digunakan kembali. Data tersebut bisa disimpan dalam memori internal atau pun eksternal komputer.

Data Movement

Komputer juga dapat difungsikan sebagai perangkat untuk memindah data dari satu komputer ke komputer lain, atau berbagai alat output yang lainnya.

Komponen Komputer

Komponen Input

Ini adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai pemberi perintah berbagai macam tugas yang akan diberikan pada komputer. Beberapa komponen tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Keyboard, digunakan untuk memberikan input berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII.
  • Mouse dan trackpad, digunakan untuk menghubungkan brainware dan layar monitor.
  • Pen, digunakan seperti mouse tetapi berbentuk pena.
  • Scanner, digunakan untuk memindai gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer.
  • Microphone, digunakan sebagai alat menginput data dalam bentuk audio.

Komponen Proses

Ini adalah komponen yang berfungsi untuk kelola data yang diberikan brainware, lalu ditampilkan pada komponen output. Beberapa jenis komponen proses diantaranya seperti berikut.

  • Processor, ini adalah komponen utama untuk mengelola data.
  • Motherboard, ini adalah komponen penghubung banyak komponen lain di dalam komputer.
  • Harddisk, ini adalah komponen untuk simpan data – data yang bersifat permanen dalam komputer.
  • RAM, ini adalah memori untuk simpan berbagai aktifitas komputer sementara.

Komponen Output

Ini adalah komponen yang berfungsi untuk tampilkan berbagai informasi dari perintah yang sebelumnya sudah diproses komputer. Adapun contoh komponen output diantaranya :

  • Monitor, ini adalah komponen yang bisa tampilkan berbagai proses yang dikerjakan komputer.
  • Printer, ini adalah komponen yang bisa mencetak berbagai informasi dalam bentuk hard copy.
  • Speaker, ini adalah komponen yang bisa hasilkan output berupa suara.

Demikian informasi seputar komputer adalah dan berbagai informasi seputar ilmu tentang komputer yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Previous

Google Cendekia, Rekomendasi Situs Jurnal Ilmiah

Tutorial Cara Membuat Google Form Mudah dan Gratis

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: