Mengenal Sejarah Internet Lebih Lengkapnya

| |

Pendahuluan: Asal Usul Internet

Tahukah Anda dari mana asal usul internet? Berikut akan kami rangkumkan seputar sejarah internet untuk memudahkan Anda mengetahui dari mana asal usul internet lebih lengkapnya.

Pengertian internet atau yang juga disebut dengan Interconnection Networking sederhananya adalah jaringan komunikasi global yang mengaitkan banyaknya jaringan komputer secara terbuka menggunakan sistem standar global transmission control protocol. Selain itu, ada pula yang menjelaskan bahwa definisi internet adalah International Network, dimana semua jenis komputer yang ada di seluruh penjuru dunia bisa terhubung dengan mudah menggunakan tipe komunikasi seperti satelit, telepon dan lain sebagainya.

Mengenal Sejarah Internet Lebih Lengkapnya

Mengenal-Sejarah-Internet
Mengenal Sejarah Internet (@thedigitalartist – Pixabay)

Menurut Berners Lee, pengertian internet adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Dimana hal tersebut jelas merujuk pada konsep dimana suatu jaringan komputer tertentu bisa terhubung dalam suatu jaringan lain. Secara umum, fungsi internet mengacu pada pengertian di atas, yakni dapat berfungsi sebagai media berkomunikasi bagi manusia di belahan dunia.

Dalam penggunaannya, internet kini dijadikan sebagai media komunikasi yang bisa dibilang sudah sangat jamak digunakan oleh kebanyakan orang. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya berbagai situs media sosial dan software, atau aplikasi chatting yang memudahkan seseorang untuk berkomunikasi. Era internet merupakan era keterbukaan. Artinya, dengan hadirnya internet maka seseorang akan lebih mudah ketika ingin mengakses berbagai informasi penting yang mereka butuhkan.

Awal Mula Jaringan Internet

Jaringan-internet-server-masa-kini
Jaringan internet server masa kini (pixabay)

Menilik lebih jauh lagi mengenai sejarah internet, sebenarnya cikal bakal internet asalnya dari jaringan komputer hasil bentukkan departemen pertahanan Amerika Serikat tahun 1969 silam. Diketahui, proyek jaringan komputer Amerika Serikat tersebut disebut dengan ARPANET, atau Advanced Research Project Agency Network. Proyek ini sengaja dibuat untuk kepentingan militer yang bertujuan untuk mengatasi masalah serangan nuklir kalah itu.

Tidak hanya itu, proyek tersebut juga digunakan untuk mempercepat software dan hardware komputer, terutama yang berbasis UNIX agar bisa melakukan komunikasi dari jarak tertentu lewat saluran telepon. Luar biasanya, perkembangan ARPANET ternyata mampu membuat sistem ini diperkenalkan secara umum di tahun 1972. ARPANET sendiri lalu dibagi menjadi dua kelompok, yakni MILNET yang ditujukan untuk kepentingan militer dan ARPANET versi terbaru yang ditujukan untuk kepentingan lain, seperti sarana komunikasi di beberapa universitas.

Hasil gabungan kedua jenis jaringan tersebut disebut dengan DARPA, ini merupakan jaringan internet yang kini lebih populer dengan sebutan internet. Seperti yang kita tahu, internet di masa kini sudah jauh lebih canggih dan bisa pula dijadikan sebagai sarana berkomunikasi bagi banyak orang di seluruh belahan dunia mana pun.

Internet disebut – sebut sebagai sebuah teknologi besar yang lahir dari kepentingan akan sarana komunikasi milier yang pada akhirnya menjadi salah satu sarana untuk menunjang komunikasi dan berbagai aktivitas masyarakat di berbagai belahan dunia. Melalui jaringan internet maka akan memudahkan seseorang ketika mengakses informasi di beragam bentuk, mulai dari bentuk tulisan, gambar, file audio visual, suara, hingga bentuk informasi lainnya.

Jaringan Internet di Berbagai Benua dan Negara

Hingga tahun 1985, upaya dalam membangun jaringan komputer dengan koneksi internet mulai dilakukan di sekitar Eropa. Dimana kala itu Eropa menciptakan EuropaNET dan EBONE sebagai salah satu sistem yang akan mengintegrasikan jaringan komputer berteknologi internet di Eropa. Luar biasanya, perkembangan teknologi ini ternyata diikuti pula oleh sejumlah negara di kawasan Asia, seperti India, Jepang, China dan Korea. Lalu pada akhir dekade 80an, untuk kali pertamanya teknologi internet menjangkau kawasan yang lebih luas lagi, yakni di negara Indonesia.

Nah, itu dia sejarah internet lebih lengkapnya yang bisa kami informasikan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Previous

Cara Screenshot Laptop atau PC yang Mudah dan Gratis WaJib Dicoba

Pengertian Website : Jenis dan Manfaatnya

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: