Pengertian Website : Jenis dan Manfaatnya

| |

Pengertian Website : Jenis dan Manfaatnya Secara Umum

Apa itu website? Secara umum pengertian website adalah sekumpulan halaman web yang saling terhubung dan berisikan berbagai informasi, baik dalam bentuk teks atau tulisan, gambar, suara, video dan lainnya, dimana semua data tersebut tersimpan di server hosting. Adapun informasi yang ada pada sebuah website disediakan secara perorangan, kelompok maupun organisasi.

Sebuah website biasanya ditempatkan setidaknya di sebuah server web dan bisa diakses lewat jaringan internet atau pun jaringan area lokal (LAN) lewat alamat internet yang dikenal dengan sebutan URL. Namun demikian, untuk mengetahui pengertian website lebih lengkapnya mari simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Website, Jenis dan Manfaatnya Secara Umum

Pengertian-Website
Pengertian Website (@kreatikar – Pixabay – canva)

Pengertian Website

Pengertian website menurut Sibero adalah suatu sistem yang ada kaitannya dengan dokumen dan digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, multimedia, gambar dan lainnya di jaringan internet. Selain itu, website juga diartikan sebagai keseluruhan halaman website yang ada di dalam sebuah domain khusus yang mengandung informasi. Website umumnya dibangun atas banyak halaman web yang saling berkaitan atau berhubungan.

Untuk membuka dan mengakses sebuah website pengguna harus memiliki perangkat komputer atau smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet. Halaman website biasanya hadir dalam bentuk dokumen dengan format HTML atau Hyper Text Markup Language, dan dapat diakses lewat HTTP dan HTTPS. Ini merupakan protokol yang menyampaikan berbagai bentuk informasi dari server web untuk kemudian ditampilkan kepada para user lewat web browser.

Jenis – Jenis Website

Website Statis

Ini adalah halaman web yang memiliki tampilan monoton, alias tidak berubah – ubah atau statis. Apabila pemiliknya ingin mengubah tampilan maka harus dilakukan secara manual menggunakan kode – kode khusus. Jenis website tersebut biasanya memiliki 5 halaman utama yang ditujukan untuk menjelaskan informasi tentang website itu sendiri. Adapun contoh website statis antara lain :

  • Search Engine : Google, Bing
  • Website perusahaan : Company Profile
website-pertamina
website pertamina

Website Dinamis

Ini adalah jenis website yang dibuat untuk bisa menampilkan update konten sesering mungkin. Jenis website tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bagi untuk tampilannya atau pun dari sisi fitur yang ada di dalamnya. Umumnya, website dinamis dibuat dengan konsep visual dan memiliki kemampuan interaksi yang cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa fitur yang biasanya ditambahkan pada jenis website dinamis.

  • Kolom komentar
  • Live chatting
  • Formulir pendaftaran
  • dan lain – lain.

Website Interaktif

Ini adalah jenis website yang biasanya digunakan untuk tujuan tertentu, seperti beriteraksi dengan orang lain lewat online. Website jenis interaktif kebanyakan digunakan oleh komunitas atau pengguna internet aktif. Beberapa contoh jenis website interaktif diantaranya seperti berikut :

  • blog
  • situs forum online
  • situs media sosial

Manfaat Website Secara Umum

Adapun manfaat website paling utama tidak lain sebagai media penyebar beragam informasi yang lebih cepat dan praktis kepada khalayak luas. Internet dan website merupakan dua hal penting yang tidak dapat terpisahkan dalam proses pertukaran informasi, baik secara lokal atau pun internasional. Beberapa manfaat website secara umum antara lain sebagai berikut :

  • Sebagai sarana informasi yang mudah dan cepat
  • Menawarkan kemudahan dalam berbagai kegiatan pemasaran dan promosi bisnis, sebab bisa menjangkau banyak orang secara luas dalam waktu bersamaan
  • Sebagai sarana komunikasi bagi manusia di berbagai dunia
  • Sebagai sarana edukasi
  • Sebagai sarana hiburan

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian website lebih lengkapnya beserta jenis dan manfaatnya secara umum. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Previous

Mengenal Sejarah Internet Lebih Lengkapnya

Apa Itu RFID? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: