Human Capital adalah Aset Penting Perusahaan

| | ,

Apa Bedanya dengan Human Resources?

Banyak yang masih menyalah artikan makna human capital dengan human resources yang dianggap sama padahal berbeda. Human capital adalah aset keterampilan, pengetahuan dan keahlian dari seorang karyawan yang diimplementasikan menjadi sebuah layanan untuk sebuah perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkannya.

Untuk mempermudah perbedaannya, human resources atau sumber daya manusia merupakan sebuah kemampuan yang ada di dalam manusia baik dalam fisiknya maupun dalam daya pikirnya. Dilihat dari definisinya, keduanya memang saling berkaitan hanya saja implementasinya berbeda.

Silahkan untuk membaca juga: Pengertian CRM, Pengertian Stakeholder dan Pengertian CAGR

Human Capital adalah Bagian dari Human Resources

Human-Capital-adalah-Aset-Penting-perusahaan
Human Capital adalah Aset Penting perusahaan (Pexels)

Sebenarnya baik human capital maupun human resources keduanya sama-sama membahas mengenai keterampilan yang dimiliki oleh manusia untuk sebuah perusahaan, namun dalam human capital keterampilan tersebut dituangkan dalam sebuah layanan untuk mengembangkan perusahaan. Jadi ketika seorang karyawan cerdas dan kreatif, dia diminta untuk membuat sebuah pelayanan perusahaan dimana pelayanan tersebut akan dipakai jangka panjang. Setelah karyawan tersebut berhenti bekerja, ketrampilannya tetap ada di dalam perusahaan karena sudah dijadikan asset di dalam pelayanan yang dibuatnya.

Berbeda dengan human resources, keterampilan yang dimiliki oleh seorang individu tidak dituangkan ke dalam sebuah karya namun hanya terus dimanfaatkan penggunaannya sehingga keterampilan itu tetap ada dan tidak berpindah. Dampaknya saat karyawan tersebut tidak lagi bekerja di sebuah perusahaan, maka hilang sudah salah satu harga berharga yang semula dimiliki.

 Secara garis besar, human capital mengubah human resources menjadi sebuah asset yang bisa terus menerus dimanfaatkan sedangkan dalam human resources sumber daya manusia tidak diubah menjadi sebuah layanan.

Mengenal Lebih Dalam Profesi Human Capital Management

Dalam menyokong kebutuhan akan human capital dalam sebuah perusahaan, maka pembentukan human capital management sangat diperlukan. Fungsinya adalah untuk mengembangkan kemampuan manusia agar bisa memiliki kinerja yang lebih baik. Manajemen ini bahkan menganggap manusia sebagai salah satu asset untuk perusahaan selain modal dan fasilitas.

Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia seorang karyawan, human capital management menggunakan cara interaksi sosial. Dari sana karyawan juga akan belajar pengembangan organisasi. Bertambahnya nilai sumber daya manusia yang tak terlihat itulah yang menjadikan karyawan tersebut sebagai asset sebuah perusahaan.

Ketika keterampilan karyawan semakin meningkat, perusahaan pun tidak ragu mengadakan budget agar karyawan terus belajar hal-hal yang baru. Bahkan perusahaan juga akan memberikan kompensasi kepada asset berharga tersebut agar dia tetap bertahan bekerja disana dan tidak pindah ke perusahaan lain.

Ketika seorang karyawan berhasil membuat sebuah perusahaan lebih berkembang dan bertumbuh, maka hal ini pun akan terus berpengaruh terhadap kondisi perusahaan ke depannya dan itulah kenapa disebut sebagai aset manusia. Dengan kelebihannya dia bisa meninggalkan perubahan yang baik pada sebuah perusahaan bahkan ketika karyawan itu sudah tidak bekerja lagi disana.

Kesimpulan

Jadi jika dalam human resources sumber daya manusia hanya sekedar digunakan sampai pegawai tersebut pensiun sedangkan dalam human capital sumber daya yang sudah ada terus diasah dan ditingkatkan untuk menunjang kompetisi, menambah keahlian serta berkontribusi dalam kesuksesan perusahaan.

Sebagai bentuk pengembangan dari human resources, human capital adalah suatu cara untuk mengurangi eksploitasi penggunaan sumber daya manusia karena disini manusia merupakan sebuah nilai yang meningkatkan keberhasilan suatu perusahaan. itulah kenapa manusia tidak boleh diperlakukan semena-mena karena mereka merupakan aset berharga yang membantu pertumbuhan sebuah perusahaan dengan kemampuan mereka yang tidak terlihat.

Previous

Ciri-Ciri dan Definisi Startup Adalah

4 Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Pekerja Atau Mantan Pekerja

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: