4 Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Pekerja Atau Mantan Pekerja

| | ,

Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) merupakan salah satu hak pekerja yang akan melindunginya dari beberapa resiko, baik selama bekerja atau setelah tidak bekerja lagi. Dengan kemudahan teknologi, kini setiap orang yang memiliki Jamsostek bisa mengecek berapa jumlah saldo mereka dengan cara cek saldo Jamsostek yang sangat mudah. Begini caranya!

Pilih Cara Cek Saldo Jamsostek Paling Mudah Ini

Cara-Cek-Saldo-Jamsostek
Cara Cek Saldo Jamsostek (Pexels)

Ada empat cara yang bisa digunakan, untuk mengetahui sudah di angka berapakah saldo Jamsostek Anda saat ini. Karena berdasarkan aturan yang tercantum dalam UU tentang ketenagakerjaan, ada waktu tertentu dimana seseorang bisa mencairkan dana tersebut.

1. Kunjungi Website

Cara pertama adalah dengan mengunjungi website resmi Jamsostek yaitu https://bpjsketenagakerjaa.go.id/. Bagi para pengguna lama dari Jamsostek dan sudah terdaftar pada website tersebut, tinggal ikuti petunjuknya berikut ini:

  1. Setelah masuk dalam halaman utama website, pilih menu “layanan peserta”. Lanjutkan dengan mengambil submenu “tenaga kerja”
  2. Akan ada banyak pilihan menu di dalamnya, Anda tinggal pilih BPJSTKSU.
  3. Masukkan email yang didaftarkan saat pengurusan Jamsostek, lengkap dengan password yang sudah Anda miliki sebelumnya.
  4. Pilih menu “lihat saldo” dan Anda bisa melihat berapa saldo terakhir dari Jamsostek.

Sedangkan untuk pengguna baru, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran sebagai member dari website tersebut. Ikuti petunjuk yang diminta, tunggu hingga mendapat konfirmasi lewat SMS atau email. Barulah setelah itu bisa melakukan pengecekan melalui website.

2. Kirim SMS

Kalau mau menggunakan cara ini, Anda tinggal memastikan nomor ponsel memiliki pulsa untuk mengirim dan mendapat balasan SMS.

  1. Untuk pengguna baru Anda harus mendaftar dulu dengan mengirim format SMS seperti berikut: Daftar SALDO#No.KTP#Tanggal Lahir format (hari-bulan-tahun)#nomor peserta#alamat email (opsional).  Kemudian kirim SMS ke nomor 2757 dan tunggu konfirmasi pendaftaran.
  2. Jika sudah mendapatkan konfirmasi, maka Anda bisa lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu kirim SMS dengan format: SALDO nomor peserta
  3. Anda akan langsung menerima konfirmasi perihal jumlah saldo terkini.

3. Pakai Aplikasi

Cara ini juga sangat mudah yaitu dengan mengunduh aplikasi BPJSTKU yang tersedia di platform Google Play Store atau Apple Store. Kemudian daftarkan diri Anda sesuai prosedur yang disediakan aplikasi tersebut, setelah itu barulah Anda bisa mengecek saldo dengan memilih fitur cek saldo yang tersedia.

4. Melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Jika kebetulan Anda sedang berada di dekat ATM, pengecekan saldo Jamsostek juga bisa dilakukan. Tapi untuk saat ini baru tersedia untuk rekening Bank Nasional Indonesia, caranya dengan memasukkan kartu ATM ke dalam mesin lalu pilih menu cek saldo BPJS. Selanjutnya masukkan data Jamsostek Anda, dan tunggu konfirmasi jumlah saldonya.

Apakah Bisa Cek Saldo Manual Ke Kantor Jamsostek?

Jika Anda merasa kurang yakin dengan beberapa cara cek saldo online di atas, lakukanlah cek langsung dengan datang ke kantor Jamsostek terdekat di daerah Anda. Tapi pastikan Anda sudah membawa kartu Jamsostek, atau mengingat nomor Jamsostek yang akan di cek saldonya.

Setelah itu tinggal berkonsultasi dengan petugas Jamsostek, untuk melakukan pengecekan. Jika tidak ada kendala nomor salah atau lupa nomor Jamsostek, maka dalam waktu singkat Anda sudah bisa mengetahui berapa saldo terakhir dari akun Jamsostek Anda.

Itulah beberapa cara cek saldo Jamsostek online atau manual yang bisa Anda coba, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Ayo coba cek saldo sekarang, siapa tahu Anda sudah punya banyak tabungan dan bisa mencairkannya dalam waktu dekat.

Demikian informasi pengetahuan umum, semoga dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Previous

Human Capital adalah Aset Penting Perusahaan

Apa Saja Sih Trik Agar Lolos Tes Potensi Akademik?

Next

Leave a Reply