Apa Saja Sih Trik Agar Lolos Tes Potensi Akademik?

| |

Saat ini tes potensi akademik masih menjadi momok menakutkan bagi calon pencari kerja, mereka takut gagal ketika menjalaninya sehingga tak diterima bekerja di perusahaan idaman. Sebenarnya tes tersebut bisa taklukkan, hanya saja butuh sedikit waktu ekstra jika ingin benar-benar siap menghadapinya.

Tes yang merupakan rangkaian proses mencari karyawan yang handal ini, meliputi beberapa rangkaian pertanyaan untuk mengetahui dan memperjelas pencapaian seseorang di bidang intelektual. Biasanya skor yang didapat peserta tes, akan dibandingkan dengan kecerdasannya.

Lakukan 6 Trik Ini Agar Lolos Tes Potensi Akademik

Trik-Agar-Lolos-Tes-Potensi-Akademik
Trik-Agar Lolos Tes Potensi Akademik (Pixabay)

Kalau kamu mau lolos tes tersebut, bisa melakukan enam trik berikut ini. Sudah banyak yang berhasil melewatinya dengan skor terbaik ketika menerapkannya.

1. Kenali Struktur Soal Terbaru

Masing-masing lembaga atau perusahaan, memiliki rangkaian tes potensi di bidang akademik yang berbeda. Karena yang membuat soal juga beda dan tujuan tes dilakukan juga berbeda, terutama dalam hal posisi yang dibutuhkan untuk direkrut.

Jadi untuk mempelajarinya butuh diketahui struktur terbaru dari tes tersebut. Untuk lembaga yang sudah terkenal, mungkin kamu bisa cek tes-tes sebelumnya melalui internet. Tapi untuk perusahaan biasa, ada baiknya kamu cari tahu kisi-kisi tes dan pelajari semaksimal mungkin.

2. Sering Latihan Tes Potensi Akademik

Setelah dapat struktur dan contoh soal tes, saatnya untuk latihan sesering mungkin. Gunanya tentu untuk membiasakan diri dengan suasana tes dan soal-soal yang akan keluar nantinya, sehingga ketika tes aslinya berlangsung, kamu tidak lagi cemas atau takut melainkan nyaman menjawabnya.

3. Kerjakan Tes Verbal

Untuk mengerjakan tes kategori verbal, hal yang perlu dipersiapkan adalah memperbanyak kosakata baru kekinian. Caranya lewat membaca berita di media massa dan internet, karena tes ini meliputi pertanyaan seputar sinonim, peribahasa hingga kosakata baru yang dipakai dalam tata bahasa Indonesia.

4. Kerjakan Tes Numerik

Coba asah kemampuan berhitung secara cepat, karena saat tes nanti waktu sangat terbatas untuk menjawab puluhan pertanyaan. Selain itu kamu juga harus mengasah logika dalam berfikir, caranya dengan latihan berpikir secara logika tentang hal-hal yang ada di sekitar.

5. Istirahat Sebelum Tes

Setelah melakukan persiapan di atas, maka sehari sebelum tes kamu harus beristirahat dan tidak lagi berkutat dengan contoh soal yang ada. Pastikan jam tidur kamu cukup dan asupan gizi makanan juga maksimal. Karena semakin siap fisikmu, akan semakin besar peluang menjawab semua pertanyaan tes dengan baik.

6. Fokus Dan Berdoa

Jangan lupa berdoa sebelum tes dimulai, dan mulailah fokus mengerjakan semua soal. Hilangkan rasa cemas atau was-was tidak diterima, yang penting adalah menjawab semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuanmu.

Kapan Harus Mulai Mempersiapkan Diri Untuk Tes Potensi Akademik?

Pada umumnya perusahaan akan memberikan waktu sekitar dua minggu hingga sebulan, sebelum menggelar tes potensi di bidang akademik. Calon peserta akan diberitahu jauh-jauh hari, sehingga ketika pemberitahuan sudah tiba dan kamu masuk dalam daftar peserta tes maka mulailah melakukan persiapan.

Idealnya, sebelum tes dibutuhkan waktu persiapkan kurang lebih 1 bulan. Namun terkadang pemberitahuan lebih cepat, jadi kamu pun wajib untuk memanfaatkan waktu seefektif mungkin untuk berlatih. Tapi tak perlu 24 jam latihan mengerjakan soal, cukup beberapa jam sehari. Yang paling penting adalah membuat jadwal latihan yang jelas agar kamu terbiasa melakukannya.

Itulah enam trik yang bisa kamu terapkan, untuk memperbesar peluang lolos tes potensi akademik yang digelar perusahaan tempatmu melamar pekerjaan. Coba lakukan dengan baik, dan lihatlah bagaimana lihainya kamu mengerjakan semua soal sampai tuntas tanpa masalah. 

Demikian informasi pengetahuan yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

Previous

4 Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Pekerja Atau Mantan Pekerja

Pengertian CAGR Adalah? Lengkap Dengan Rumus Dan Manfaatnya

Next

Leave a Reply