Pengertian UI UX yang Perlu Diketahui

| | , ,

Apa itu UI UX? UI adalah singkatan dari “User Interface”, sementara itu UX sendiri adalah “User Experience”. Baik itu UI maupun UX memiliki peranan penting dalam pengembangan website dan aplikasi. Namun untuk mengetahui pengertian UI UX lebih lengkapnya mengenai kedua elemen tersebut mari simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Pengertian UI UX yang Perlu Diketahui

Pengertian-UI-UX
Pengertian UI UX (Pexels)

UI (User Interface)

Secara umum, pengertian UI adalah bagian dari UX. UI disebut sebagai tampilan visul desain sebuah sistem. UI memungkinkan pengguna untuk dapat terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk. Berbicara mengenai fungsi, UI tidak hanya berfungsi sebagai penghubung, tetapi juga digunakan untuk memperindah penampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna.

Selain memiliki tampilan yang indah, UI sendiri juga harus mudah digunakan. Adapun komponen UI yang perlu diketahui diantaranya seperti kompnen tombol, tema, animasi, ikon tipografi, layout dan visual interaktif yang lain. Agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, semua komponen UI harus didesain dengan baik, yakni dengan berfokus pada kemudahan dan keindahan pengguna. Melalui elemen inilah pengguna bisa menikmati sebuah produk.

UX (User Experience)

Lalu, untuk pengertian UX sendiri adalah proses desain suatu produk lewat pendekatan pengguna. Ini penting guna menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan juga keinginan pengguna. Seperti yang diketahui, sebuah produk yang didesain dengan UX yang baik akan menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi penggunanya.

Dimana pengguna menjadi lebih mudah dan nyaman ketika menggunakan produk tersebut. Adapun yang termasuk komponen UX diantaranya seperti fitur yang disediakan pada produk, struktur desain, aspek visual desain, navigasi penggunaan produk, dan semua aspek interaksi dengan pengguna.

Dibanding UI, UX meliputi bagaimana Anda menentukan konten, branding dan copy writing yang paling sesuai dengan target market atau target pengguna Anda.

Peran Penting UI UX Dalam Pengembangan Website dan Aplikasi

Setelah Anda tahu pengertian UI UX, kini saatnya untuk mengetahui peran penting kedua elemen tersebut dalam pengembangan website dan aplikasi lebih lengkapnya. Mari simak beberapa ulasannya berikut ini.

Menciptakan Produk Sesuai Kebutuhan dan Keinginan Pengguna

Dengan memanfaatkan elemen UX, maka seseorang bisa membuat produk dengan fitur yang memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Artinya, produk yang dibuat berdasarkan kedua hal tersebut sudah pasti akan lebih diminati di pasaran.

Meminimalisir Kekecewaan Pengguna Terhadap Produk

Sebuah produk yang memiliki tampilan kurang menarik, alias buruk sudah pasti akan lebih sulit menarik minat pengguna. Tak ayal produk tersebut akan lebih cepat ditinggalkan oleh pengguna. Lain halnya jika produk Anda memiliki tampilan yang lebih menarik dan mudah digunakan, pengguna pun akan puas menggunakan produk tersebut.

Dan kepuasan pengguna secara otomatis akan membuat produk Anda tetap digunakan dan bukan tidak mungkin mereka pun akan secara suka rela mempromosikan produk Anda ke orang – orang terdekatnya. Tentu saja yang demikian akan sangat menguntungkan sekali, bukan?

Mampu Meningkatkan Penjualan dan Bisnis

Jika sebuah website dan aplikasi di desain dengan UI UX yang baik, maka akan memudahkan Anda untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan. Bahkan secara tak langsung Anda berarti telah menjalankan strategi marketing untuk meningkatkan bisnismu.

Alasannya, UI dan UX yang baik dapat membuat penggunanya lebih terkesan dengan tampilan awal dan mudah untuk selesaikan kebutuhan di website atau aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, pengguna juga akan lebih mudah ketika hendak melakukan pembelian.

Demikianlah informasi teknologi yang bisa kami bagikan tentang pengertian UI UX yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Previous

Pengertian CAGR Adalah? Lengkap Dengan Rumus Dan Manfaatnya

Mengetahui Ukuran Kertas yang Umum Digunakan

Next

Leave a Reply