Mengetahui Ukuran Kertas yang Umum Digunakan

| |

Menjadi bagian dari kehidupan kita, sudahkah Anda tahu macam – macam ukuran kertas yang sering digunakan? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pada dasarnya kertas dibuat dari kompresi serat yang berasal dari pulp. Kertas tidak hanya digunakan untuk menulis, menggambar dan mencetak, tetapi juga ada yang diproduksi dalam bentuk kertas pembersih, atau yang biasanya dikenal dengan sebutan tisu. Dengan adanya kertas, kehidupan menjadi lebih mudah, sebab orang – orang tidak harus menggunakan loh tanah liat sebagai media menulis.

Mengetahui Macam – Macam Ukuran Kertas yang Umum Digunakan

Ukuran-Kertas
Ukuran Kertas (Pixabay)

Seri A

Membahas mengenai ukuran kertas pastinya dimulai dari seri A. Ini merupakan jenis kertas yang biasanya digunakan sebagai kertas di perkantoran, penerbitan dan pendidikan. Ukuran kertas seri A biasanya lebih dikenal dengan sebutan kertas A4.

Seri B

Lalu untuk seri B sendiri adalah ukuran kertas yang ada di tengah dua ukuran seri A dan biasanya digunakan sebagai kertas lukis dan poster.

Seri C

Selanjutnya ada kertas seri C yang tidak berbeda jauh dengan kedua kertas di atas. Namun kertas seri C ini lebih mungil dan biasanya digunakan sebagai kartu pos, amplop dan map.

Seri D

Meskipun kurang populer jika dibandingkan dengan kertas seri lainnya, tetapi kertas D ini memiliki ukuran yang cukup besar, yakni sekitar 55.9 x 86.4 cm.

Seri E

Ini adalah kertas yang memiliki ukuran 86.4 x 111.8 cm, yang mana besaran ukuran kertas tersebut dua kali lipat dari ukuran kertas seri D.

Seri R dan F

Berbeda dengan ukuran kertas di atas, kertas dengan seri R dan  F ini muncul karena adanya permintaan pasar dan tidak termasuk dalam standar ukuran kertas internasional. Jenis kertas tersebut biasanya digunakan sebagai kertas cetak foto.

Personal Organizer

Kertas personal organizer atau yang biasanya disebut orji ini umumnya dibutuhkan untuk mengatur jadwal. Menariknya, ukuran kertas tersebut sempat menjadi trend di tahuan 2000an. Kertas personal organizer memiliki ukuran 9.5 x 17.1 cm dengan 6 lubang di bagian pinggirannya.

Kertas Folio

Siapa yang tidak kenal dengan kertas satu ini? Folio adalah jenis kertas yang akrab banget dengan anak sekolahan dan kuliahan. Kertas folio merupakan jenis kertas yang memiliki garis lurus layaknya buku cetak. Kertas folio biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas dan memiliki ukuran 21.6 x 34.3 cm.

Kartu Indeks dan Kartu Nama

Macam ukuran kertas ini biasanya memiliki besar yang sama dengan kartu kredit. Namun yang membedakannya, pada kertas indeks dan kartu nama tidak ada lengkungan di tiap sudutnya.

Seri Kertas Lain

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa tempat yang memiliki standar ukuran kertas sendiri, yakni di Meksiko, Amerika Utara dan Kanada. Dimana ukuran kertas yang umum digunakan adalah tabloid, letter, ledger dan legal.

Kertas letter sendiri memiliki ukuran 21.59 x 27.94 cm yang sedikit lebih kecil dari kertas A4 dan dibuat bukan dengan mesin, melainkan dengan tangan. Ukuran tersebut merupakan rata – rata panjang maksimum lengan orang dewasa yang bekerja membuat kertas pada masa itu.

Sementara itu di luar Amerika Utara, jenis kertas letter biasanya disebut dengan American Quarto atau Kwarto kalau di Indonesia.

Demikianlah informasi seputar macam – macam ukuran kertas yang umum digunakan. Meski hanya kertas seri A, B dan C saja yang termasuk standar internasional, tetapi pada kenyataannya masih ada cukup banyak ukuran kertas di dunia ini. Semoga informasinya bermanfaat.

Previous

Pengertian UI UX yang Perlu Diketahui

Lokasi Bitcoin ATM Indonesia

Next

Leave a Reply