Pengertian Perangkat Lunak: Software, Fungsi, dan Jenis

| |

Pendahuluan Apa itu Software – Perangkat Lunak

Apa yang dimaksud dengan perangkat lunak? Disebut juga dengan “Software”, pengertian perangkat lunak adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tak berwujud dan tidak dapat dilihat oleh kasat mata.

Perangkat lunak termasuk dalam jajaran data elektronik yang disimpan dan diatur sedemikian rupa oleh komputer berupa program yang bisa menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak juga menjadi istilah khusus untuk data – data yang diformat secara khusus dan kemudian disimpan secara digital. Dengan kata lain, perangkat lunak dapat diartikan sebagai bagian sistem komputer yang tidak berbentuk fisik.

perangkat-lunak-software
perangkat lunak software (Pexels)

Mengetahui Pengertian Perangkat Lunak

Secara umum, pengertian perangkat lunak adalah jembatan yang menghubungkan antara pengguna dan hardware (perangkat keras) agar bisa melakukan suatu perintah tertentu. Tanpa perangkat lunak, komputer hanya sebuah mesin yang tak ada artinya. Sebab, tidak akan pernah bisa menjalankan perintah apapun dari pengguna (user). 

Menurut Wiwit Siswoutomo, pengertian perangkat lunak adalah nyawa sebuah perangkat keras atau komputer. Tanpa perangkat lunak, maka komputer hanya hardware mati dan tidak bisa digunakan. Roger S. Pressman memiliki pendapat lain mengenai perangkat lunak, yakni suatu perintah program dalam komputer yang jika dieksekusikan user akan memberikan fungsi khusus dan unjuk kerja seperti yang diharapkan.

Pendapat lain datangnya dari Melwin Syafrizal Daulay, perangkat lunak diartikan sebagai suatu perangkat yang memiliki fungsi khusus, yakni sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer itu sendiri. Perangkat lunak juga menjadi jembatan bagi user dengan komputer.

Merujuk pada pendapat Imam Prayogo Pujiono, bahwa perangkat lunak adalah suatu program yang ada di dalam komputer yang memang dirancang khusus, yang jika dijalankan akan memberi perintah ke komputer dalam rangka selesaikan sebuah tugas seperti yang diharapkan oleh user.

Menurut Wilman dan Royan, perangkat lunak didefinisikan sebagai perangkat operasi kerja untuk jalankan berbagai komponen pada perangkat keras yang sifatnya tidak terlihat, tetapi bermanfaat bagi user.

Jenis Perangkat Lunak (Software)

Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat lunak yang harus Anda tahu.

Sistem Operasi – Operating System

Ini adalah jenis perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengelola dan pengkoordinasi tiap komponen dan fungsi komputer. Contoh jenis perangkat lunak tersebut, yakni Windows, DOS, Linux dan UNIX.

Bahasa Pemrograman – Programming Language

Ini adalah jenis perangkat lunak yang memiliki fungsi khusus, yakni sebagai pemberi instruksi standar yang libatkan sintak dan semantik yang digunakan untuk definisikan suatu program aplikasi di komputer. Beberapa contoh bahasa pemrograman paling umum, yakni PHP, Microsoft Visual Basic dan Java.

Program Aplikasi – Application Program

Ini adalah jenis perangkat lunak yang memiliki fungsi khusus, misalnya aplikasi untuk presentasi, aplikasi akuntansi dan masih banyak lagi. Beberapa contoh jenis program aplikasi adalah OpenOffice.org, Microsoft Office Word, MYOB, Microsoft Office Excel dan lain – lain.

Fungsi Perangkat Lunak (Software)

Secara umum, perangkat lunak memiliki banyak fungsi, diantara seperti berikut :

  • Sediakan fungsi dasar sebuah komputer sehingga bisa dioperasikan sebagaimana mestinya.
  • Mengatur setiap perangkat keras yang ada pada komputer agar bisa bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung beberapa perangkat lunak di dalam komputer dengan perangkat keras yang ada di dalamnya.
  • Sebagai penerjemah suatu perintah aplikasi lain dalam bahasa mesin agar bisa dimengerti oleh perangkat keras.
  • Berfungsi untuk mengidentifikasi suatu program khusus yang ada pada komputer.

Demikian informasi seputar pengertian perangkat lunak dan jenis – jenisnya. Semoga informasinya bermanfaat.

Previous

Pengertian Perangkat Keras: Hardware, Fungsi, dan Jenis

Cara Melihat Spesifikasi Laptop yang Mudah | Berhasil 100%

Next

Leave a Reply

%d bloggers like this: